• 23 Januari 2021
  • Last Update 5 Januari 2021 22:12
Di Abdya, Gampong Ini Biayai Pendidikan Kader Kesehatan

Di Abdya, Gampong Ini Biayai Pendidikan Kader Kesehatan

KOLOMACEH.COM | BLANGPIDIE – Pemerintah Gampong Geulanggang Batee, Kecamatan Lembah Sabil, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) punya terobosan tersendiri, demi  meningkatkan kesadaran masyarakat dibidang kesahatan, mereka mengirim sebanyak 10 orang kadernya untuk mengikuti pendidikan khusus di Puskesmas Lembah Sabil dengan di biayai dari dana desa.

Ismail, Keuchik Geulanggang Batee, Kamis 21 februari 2019 mengatakan, pengiriman 10 orang kader kesehatan masyarakat ke Puskesmas Lembah Sabil merupakan wujud kepedulian desa dibidang kesehatan.

“ ini merupakan salah satu wujud kepedulian kita dibidang kesehatan dalam masyarakat,” tuturnya.

Adapun  10 orang kader yang telah dikirim ke Puskesmas terdiri dari dua Kader Promosi kesehatan (Promkes),   satu Kader tentang sosialisasi penyakit menular, dua kader Lansia dan lima kader Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu).

Nantinya mereka akan mendapatkan pembekalan dasar yang diperoleh dari Puskesmas agar mampu menjadi modal awal bagi setiap kader sehingga pengalaman tersebut mampu dilaksanakan didalam masyarakat.

“Pembekalan di Puskesmas ini kita laksanakan selam 3 hari berturut-turut,” Katanya.

Tak berhenti disitu utuk lebih menunjang kesiapan para kader tersebut akan mendalami lagi ilmu yang mereka peroleh saat terjun langsung ke masyarakat dengan di damping oleh tenaga medis dari puskesmas.

“sehingga disitu mereka langsu bisa belajar sekaligus praktek,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Puskesmas Lembah Sabil, Edi Fitri mengatakan, pihaknya  sangat mendukung dengan adanya gagasan pelaksanaan program yang di inisiasi oleh Gampong

.“ Kita sangat mendukung dengan adanya kegiatan ini dan program seperti ini sangat bagus,” tuturnya.

Ia juga menjelaskan, pelaksanaan kegiatan seperti itu, baru dilaksanakan oleh satu Gampong  sedang yang lain belum melaksanakan.

“Sejauh ini baru satu desa saja yang melaksanakan program seperti ini, yang lain belum, kalau bisa semua desa harus mengikuti program ini,” sarannya.

Selama ini tambahnya, perekrutan kader Posyandu dilaksanakan langsung oleh pihak Puskesmas.

 “ ini yang melakukan perekrutan kader langsung dari pihak Desa berdasarkan keinginan masyarakat itu sendiri,” imbuh Edi.

Edi berharap agar program yang digagas oleh pemerintah Gampong Geulangang Batee, menjadi contoh dan bisa ditiru oleh Gampong lainnya.  “Harapan kita agar desa lain mau mengikuti program seperti ini dan kita dari Puskesmas siap untuk memfasilitasi dan melatih para kader, intinya Posyaddu itu dari masyarakat dan untuk masyarakat,”demikian tutut Edi Fitri.[]

" class="prev-article">Previous article

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *