• 16 April 2021
  • Last Update 11 April 2021 18:32
PT Mifa Bersaudara Laksanakan Konservasi Terumbu Karang di Pantai Barsela

PT Mifa Bersaudara Laksanakan Konservasi Terumbu Karang di Pantai Barsela

KOLOMACEH.COM, MEULABOH – PT Mifa Bersaudara melaksanakan program konservasi terumbu karang di wilayah pantai barat selatan Aceh yang bekerjasama dengan pihak Cabor Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) dan pelatihan penyelaman POSSI di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat dan Aceh Barat Daya (Abdya), 27-29 Juni 2019.

Kegiatan tersebut merupakan bentuk komit Perusahaan Mifa Bersaudara terhadap pelestarian lingkungan hidup sebagai salasatu pilar program CSR perusahaan yang mengadopsi elemen ISO 26000.

Wakil Kepala Teknik Tambang PT Mifa Bersaudara Indra Basudewa didampingi CSR & Corporate Communication Manager Azizon Nurza dan Koordinator Program Hadityo mengatakan, dalam program konservasi itu akan dilakukan rehabilitasi dan penanaman terumbu karang beserta pembuatan Apartemen Ikan dan Terumbu Karang di Pulau Gosong sebagai salahsatu area konservasi terbesar di pantai barat selatan Aceh.

“Kerjasama dengan pihak POSSI ini merupakan langkah yang baik dalam menjaga dan melestarikan ekosistem wilayah laut kita, apalagi yang kita ketahui sepanjang pantai Barat Selatan Aceh ini memiliki beragam keindahan yang memiliki nilai jual dari segi wisata”, ungkap Indra selaku pimpinan operasi wilayah pelabuhan PT Mifa Bersaudara.

Selain itu, PT Mifa dan pihak POSSI juga melakukan pelatihan penyelaman yang diikuti oleh petugas Emergency Response Team PT Mifa Bersaudara.
“Melalui pelatihan ini, nantinya para peserta akan mendapatkan sertifikasi Peselam Scuba One Star/1 CMAS Indonesia yang diakui di tingkat Nasional maupun Internasional,” tambah Indra.

Indra menambahlan, pelatihan penyelaman tersebut sangat penting untuk tim ERT nya, mengingat wilayah operasional PT Mifa juga terletak di Area Samudra Hindia yang area nya jauh lebih ekstrim dari wilayah laut Indonesia bagian lain.

Selain itu, Azizon Nurza yang juga Sarjana Ilmu Kelautan mengatakan, program pelestrarian dan konservasi lingkungan adalah salah satu pilar program CSR pihaknya.

“Berbagai program pelestarian lingkungan sudah dan sedang Kita lakukan saat ini,” jelasnya.

Azizon juga menambahkan, pihaknya kini sedang menjajaki kerjasama dengan Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat dan Arumabanja untuk demplot konservasi Penyu di Pantai Meulaboh serta merintis kawasan konservasi mangrove sebagai kawasan wisata dan pusat study. (***)

Editor : Zulfikar

" class="prev-article">Previous article

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *