• 12 Agustus 2020
  • Last Update 11 Agustus 2020 17:14
Ratusan Siswa di Aceh Timur Meriahkan Pentas PAI

Ratusan Siswa di Aceh Timur Meriahkan Pentas PAI

KOLOMACEH.COM, ACEH TIMUR -Ratusan siswa SD, SMP SMA/SMK mengikuti kegiatan Pekan Keterampilan dan Seni (Pentas) PAI antar siswa se-Kabupaten Aceh Timur. Acara tersebut dipusatkan di Kantor Kemenag Aceh Timur, Sabtu (03/8/2019).

Kegiatan itu bertujuan untuk membentuk generasi millenial yang berkarakter religius dan nasionalis.

Ketua penyelenggara Pentas PAI, Faisal S.Ag yang juga menjabat sebagai Kasi PAIS menyebutkan, sebanyak 164 peserta ikut meramaikan kegiatan tersebut.

Menurutnya, terdapat 10 cabang perlombaan yang akan dipertandingkan yakni, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), Lomba Pidato PAI (LP-PAI), Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ), Cerdas Cermat PAI (LCC-PAI), Kaligrafi Islam (LKI), Seni Nasyid (LSN), Febat PAI (LD-PAI), Kreasi Busana (LKB), Penulisan Cerita Remaja Islami (Ceris) dan Lomba Penulisan Karya Ilmiah Remaja PAI (KIR-PAI).

“Sesuai dengan tema “Mendidik dengan Hati, Membentuk generasi Qur’ani, Mandiri dan cemerlang dalam berprestasi,” kata Faisal.

Kata Faisal, era revolusi industri 4.0 menjadi tantangan tersendiri yang dihadapi siswa sebagai generasi millenial. Melalui Pentas PAI, mereka dapat menyalurkan potensi dirinya yang dibingkai dengan karakter religius dan nasionalis, sehingga mampu bersaing di tingkat global.

“Maka dari itu pembentukan potensi peserta didik yang berkarakter religius dan nasionalis dinilai penting,” kata Faisal.

Tambahnya, kegiatan yang dihadiri oleh para Kasi/penyelenggara, Ketua Asosiasi Guru PAI Indonesia (AGPAII) Aceh Timur, KKG, MGMP, para pengawas, dewan hakim, panitia, guru pendamping serta ratusan peserta itu tidak semata-mata sebagai ajang lomba, tetapi dijadikan ajang silaturahmi antar siswa juga guru-guru PAI SD, SMP, SMA dan SMK se-Aceh Timur.

Jenjang SD dan SMP atau pun Dinas Pendidikan Provinsi Aceh untuk jenjang SMA/SMK yang telah melalui tahapan seleksi di wilayah UPTD untuk tingkat SD, sedangkan untuk tingkat SMP maupun SMA/SMK seleksinya dibagi dalam 3 wilayah.

Kata Faisal, semua wilayah UPTD mengirim seluruhnya 4 cabang lomba dengan jumlah 9 peserta di tiap-tiap UPTD dengan total seluruh UPTD sebayak 69 orang.

Sementara itu untuk jenjang SMP dibagi menjadi 3 zona, yaitu Zona Timur, Zona Tegah dan Zona Barat dengan 5 cabang lomba dengan total peserta untuk 3 zona 30 peserta. Sedangkan untuk jenjang SMA/SMK juga menggunakan sistem Zona ,yaitu zona Timur, Zona Tengah dan Zona Barat dengan jumlah peserta 65 peserta.

“Pelaksanaan Pentas PAI ini agar benar-benar dilaksanakan, bukan hanya sekedar hiburan, tapi untuk mencari prestasi yang ke depannya akan mewakili Kabupaten Aceh timur di tingkat Provinsi Aceh,” pungkasnya. ()

Penulis : Dedi
Editor : Redaksi

" class="prev-article">Previous article

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *