• 9 Juli 2020
  • Last Update 9 Juli 2020 02:11
Nagan Raya Masuk Anggota AP-CAP

Nagan Raya Masuk Anggota AP-CAP

KOLOMACEH.COM, BOGOR – Bupati Nagan Raya, HM Jamin Idham, SE hadiri undangan di Kementerian Kesehatan RI melalui Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Dirjen P2P) dalam rangka pertemuan komunikasi dan diskusi bupati/walikota se-Asia Pafisik yang dilaksanakan oleh WHO The Union, The Asia Pacific Cities Alliance for Tobacco Control (AP-CAT) yang berlangsung di Hotel Grand Safero, Bogor, Jawa Barat, Rabu (25/9/2019).

Diskusi itu dibuka oleh Pemerintah RI melalui Menteri Sosial, DR Agus Gumiwang Kartasasmita, M.Si yang akan berlangsung selama dua hari, 25-26 September 2019 mendatang.

Pertemuan itu sekaligus bertepatan dengan Peringatan Hari Paru-Paru Dunia, merupakan pertemuan kali keempat yang diagendakan rutin oleh WHO The Union, tahun ini dilaksanakan di Indonesia.

Selain itu, pertemuan strategis ini membahas tentang upaya pengendalian tembakau di Indonesia, menjadi forum pertukaran informasi dan pembelajaran atas keberhasilan pengendalian tembakau pada masing-masing negara anggota AP-CAT.

Titik fokusnya terutama daerah-daerah yang peduli terhadap kawasan tanpa asap rokok dalam upaya pencegahan penyakit tidak menular, seperti penyakit Jantung, Stroke, Hipertensi, Kanker, Diabetes dan lain-lain. Hal ini dilakukan diskusi karena tren penyakit tidak menular mulai naik di tingkat Asia Pasifik termasuk Indonesia yang tentunya dipicu oleh gaya hidup tidak sehat.

Kadis Kesehatan Nagan Raya, Hj Siti Zaidar melalui Kabid P2P dr Dedi Apriadi, didampingi Pengelola Program Penyakit Tidak Menular M Fadlin Kurniawan, S.KM mengatakan, perwakilan Provinsi Aceh yang diundang adalah Bupati Nagan Raya dan Walikota Banda Aceh.

“Keseluruhannya ada 84 Kabupaten/Kota di Indonesia yang diundang,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui baru-baru ini Kabupaten Nagan Raya mendapatkan Penghargaan Pastika Parama dari Kementerian Kesehatan RI, Prof.dr. Nila Djuwita F. Moeloek,Sp.M (K) di Jakarta.

Penghargaan bergengsi ini hanya diraih oleh beberapa kabupaten/kota saja di Indonesia dan di Provinsi Aceh hanya Kabupaten Nagan Raya yang menerima penghargaan ini, atas upaya Pemkab Nagan Raya dalam rangka menerapkan kawasan tanpa asap rokok di tempat-tempat umum seperti di kantor pelayanan masyarakat atau dikenal dengan istilah On Star “Orang Nagan Sehat Tanpa Asap Rokok”.

Acara tersebut dihadiri oleh 12 Negara di Asia Pasifik diantaranya Filipina, Vietnam, Singapore, India, Nepal, Malaysia, Indonesia, Myanmar, Kamboja, Banglades, Laos, Timur Laste. (ril/*)

Editor : Zulfikar

" class="prev-article">Previous article

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *