• 23 Januari 2021
  • Last Update 5 Januari 2021 22:12
Kepada Haji Uma, Abuya Amran Amanahkan Persatuan Umat

Kepada Haji Uma, Abuya Amran Amanahkan Persatuan Umat

KOLOMACEH.COM, MEULABOH – Anggota DPD RI asal Aceh, H Sudirman atau lebih akrab disapa Haji Uma melakukan silaturrahmi dengan ulama kharismatik Aceh, Abuya Syeikh H Amran Waly Al-Khalidy asal Labuhan Haji, Kabupaten Aceh Selatan.

Kunjungan Haji Uma diterima Abuya Amran Waly di pesantren Babussalam Meulaboh, Kabupaten  Aceh Barat pimpinan Abi Shahal Tastariwal Waly yang merupakan anak Abuya Amran Waly, Senin, 23 Desember 2019.

Dalam pertemuan itu, Abuya Amran Waly mengamanahkan persatuan ummat kepada Haji Uma yang dibacakan oleh Abi Shahal Tastariwal Waly pada selembar kertas yang dipersiapkan oleh Abuya Amran Waly.

Berikut Amanah Abuya Amran Waly :

Kita tidak boleh kembali kepada selain Allah termasuk diri Kita, sebab selain Allah dan diri Kita bersifat fana atau berubah-ubah.

Kita tidak boleh mendasarkan hidup  ini kepada ilmu, pengamalan, kekuatan dan pengaruh yang ada pada diri kita dan kelompok yang kita pimpin, sesuai apa yang disampaikan oleh Sayyidina ‘Ali yang artinya: Sekalipun ada pada dirimu kekuatan dan pengaruh karena kehebatanmu akan tetapi tidak dapat melampaui dengan apa yang ada didalam kitab.

Abuya menambahkan bilamana segala apa yang terjadi di dalam Negara ini dan pada diri kita, baik pemerintah dan warga negara, maka kita dapat kembali kepada Tuhan yang Maha Esa.

Kita tidak boleh mendalam-dalami perbedaan cara kita beribadah, ber’aqudah, berthariqat, berfikir dan menciptakan teori-teori dalam mengatur kehidupan bernegara, sebab itu semua merupakan jalan untuk mencapai yang hak yaitu kebahagian dunia dan akhirat. Yang perlu bagi kita adalah meningkatkan keimanan, ma’rifat dan melakukan amal-amal shaleh/ kebaikan, berakhlak yang mulia dan hidup berkasih sayang di dalam negara yang kita cintai ini.

Sementara itu Haji Uma dalam sambutannya sangat berterima kasih atas sambutan mulia Abuya Amran Waly kepada dirinya.

Haji Uma juga meminta maaf karena baru berkesempatan mengunjungi Abuya Amran Waly, jauh hari sebelumnya termasuk pada masa kampanye tidak mengunjungi satupun ulama di Aceh karena tidak ingin memanfaatkan Ulama atau dayah untuk kepentingan berkampanye setelah terpilih kembali Haji Uma baru menyempatkan mengunjungi ulama-ulama dan dayah di Aceh

“Alhamdulillah hari ini saya berkesempatan bersilaturrahmi dengan Abuya yang kita cintai dan saya juga memohon doa beliau agar Allah SWT memudahkan jalan bagi saya dalam mengabdi untuk masyarakat Aceh” ungkap Haji Uma. (*/ril)

Editor : Zulfikar

" class="prev-article">Previous article

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *