• 12 Agustus 2020
  • Last Update 11 Agustus 2020 17:14
Brimob Nagan Raya Kembali Dikerahkan untuk Memadamkan Api di Lahan Gambut Aceh Barat

Brimob Nagan Raya Kembali Dikerahkan untuk Memadamkan Api di Lahan Gambut Aceh Barat

KOLOMACEH.COM | ACEH BARAT – Personil Brimob Kompi 3 Batalyon C Pelopor kembali dikerahkan untuk memadamkan api yang membakar lahan gambut warga di Gampong Lapang Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat, Jumat 3 Juli 2020.

Kebakaran lahan yang diperkirakan hampit 5 hektar tersebut terus terjadi dan belum berhasil dipadamkan semenjak beberapa hari belakangan.

Upaya pemadaman terus diakukan pihak BPBD Aceh Barat, TNI, Kepolisian Polres Aceh Barat dan personil Bimob Nagan Raya.

Danki Brimob Kompi 3 Nagan Raya Iptu Nurdin mengatakan, pemadaman hanya bisa menggunakan mesin yang dibawa kelokasi karena akses kelokasi yang jauh dari jalan sehingga membutuhkan tenaga ekstra bahkan hanya menghunakan alat – alat manual.

“Sekarang sudah dalam proses pemadaman dan pendinginan, Kami menggunakan mini striker, mesin Robin, selang dan lainnya untuk melakukan pemadaman. Kehadiran Brimob disini sebagai bentuk Bhakti Brimob untuk masyarakat.” Ungkapnya

Dia juga mengatakan untuk sementara api sudah berangsur padam dan petugas masih terus melakukan pendinginan serta berjaga supaya api tidak muncul lagi.

Lahan di lokasi tersebut dikatakannya berstruktur gambut sehingga mudah terbakar dan menjalar, hal ini juga menyulitkan proses pemadaman, bahkan sumber air yang jauh serta musim kemarau menjadi kendala utama dalam proses pemadaman.

“Jadi personil gabungan tetap masih siaga di lokasi untuk berjaga jika timbul titik api di tempat lain.” Tutupnya.[]

Penulis : Rusman

" class="prev-article">Previous article

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *