• 9 Maret 2021
  • Last Update 23 Februari 2021 21:05
HAB ke 75 Kemenag di Nagan Raya Berlangsung Khidmat

HAB ke 75 Kemenag di Nagan Raya Berlangsung Khidmat

KOLOMACEH.COM | NAGAN RAYA – Memperingati Hari Amal Bakti (HAB) ke 75 Kementerian Agama Republik Indonesia pada 3 Desember 2021, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nagan Raya melaksanakan upacara dengan sederhana dan berjalan dengan khidmat. Selasa, 5 Januari 2021.

Pelaksanaan upacara dilaksanakan di halaman kantor Kemenag setempat yang diikuti oleh Kasubbag TU, para Kasi, Kepala KUA, Kepala Madrasah, dan pegawai kantor Kemenag dengan peserta terbatas dan mengikuti protokol kesehatan.

“Upacara peringatan HAB ke 75 Kemenag tahun 2021 karena dalam keadaan covid, maka pelaksanaan upacara kita laksanakan dengan peserta yang terbatas dan peserta upacara mengikuti protokol kesehatan”. Tutur Kakankemenag Samhudi, S.Si.

Kakankemenag Samhudi yang bertindak sebagai inspektur upacara menyampaikan amanat Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengenai kontribusi dan prestasi Kemenag di usia yang sudah 75 tahun.

“Di usia 75 tahun Kementerian Agama, mari kita memaknai segala prestasi yang telah dicapai dan menempatkannya sebagai momentum untuk menebalkan niat dan motivasi dalam mencapai yang lebih baik lagi di masa mendatang. Kementerian Agama memberikan anugerah penghargaan dan apresiasi kepada seluruh elemen umat beragama tanpa membedakan satu sama lain, atas dukungan, sinergi dan kebersamaannya mengawal tugas-tugas Kementerian Agama”, tutur Samhudi membacakan amanat Menteri Agama.

Peringatan HAB tahun 2021 dengan mengusung tema Indonesia Rukun.

“Peringatan Hari Amal Bakti tahun ini mengusung tema “Indonesia Rukun”. Tema ini sejalan dengan semangat nasional yang menempatkan kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar dengan bangsa lain di dunia”, ujarnya.

Samhudi juga menambahkan, semangat Kementerian Agama baru itu dapat diterjemahkan dengan beberapa kata kunci.

“Pertama, manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik. Kedua, penguatan moderasi beragama. Dan ketiga, persaudaraan yang meliputi merawat persaudaraan umat seagama”, imbuhnya.

Setelah pelaksanaan upacara selesai, memberikan penganugerahan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya tahun 2020 kepada; Tgk. Aidy Putra, S.Ag, Drs. H.M. Basir, M.Si, Drs. Ridwan Ali, M.Pd dan Drs. M. Affan.

Kemudian memberikan penghargaan kepada siswi berprestasi tingkat nasional untuk Nurliana siswi MAS Kuala juara 2 bidang KSMO Fisika tingkat nasional dan Fitri Yanti siswi MTsN 1 Nagan Raya juara 3 Model Science Olympiad (MSO) tingkat Provinsi Aceh.

Dan memberikan bingkisan mata kepada purna bakti guru dan pegawai Kankemenag, penyerahan izin operasional Raudhatul Atfal, madrasah, pesantren, TPQ serta memberikan piala dan hadiah kepada juara bulu tangkis, volly ball, tarik tambang, futsal dan catur yang sudah terlebih dahulu di laksanakan sebelum HAB. []

Penulis: Anis

" class="prev-article">Previous article

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *