Dosen Prodi Fisika USK gelar Pelatihan untuk Guru SMP dan SMA di Aceh Tamiang

KOLOMACEH.COM (Banda Aceh) – Dosen serta staf Program Studi Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendikan Universitas Syiah Kuala (FKIP USK) Banda Aceh melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (KPM) tahun ajaran 2021/2022 yang berlangsung di Kabupaten Aceh Tamiang.

KPM dengan skema mandiri ini merupakan salahsatu tugas Tridarma Perguruan Tinggi dengan sasaran pengabdian adalah guru-guru Fisika di Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Aceh Tamiang.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari itu, yakni 20-21 Februari 2022 lalu dipusatkan di SMA Negeri 1 Kejuruan Muda Kabupaten Aceh Tamiang ini juga dibantu oleh tenaga admin dan mahasiswa senior Prodi Fisika dengan jumlah peserta 59 orang guru Fisika.

Adapun, tujuan dari KPM ini untuk mengoptimalisasi media pembelajaran berbasis online dan digital dengan tema “Melalui Pelatihan Guru Fisika Tingkat SMA dalam Mengoptimalisasi Media Pembelajaran Berbasis Online dan Digital Kita Tingkatkan Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran Fisika”.

Dosen Prodi Fisika FKIP USK, Drs. Ahmad Farhan, M. Si mengatakan, tujuan utama kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan sumber daya guru mata pelajaran Fisika di kabupaten Aceh Tamiang dalam menguasai Teknologi Informatikan (IT), khususnya untuk kegiatan praktikum. Kemudian, sebagai wujud silaturrahmi dengan para alumni dari Prodi Pendidikan Fisika FKIP-USK.

Selain itu, manfaat utama kegiatan ini juga untuk membantu para guru mata pelajaran Fisika di Kabupaten Aceh Tamiang dalam mengiplementasi pembelajaran Daring, khusunya masa pandemi Covid-19 dan secara berkelanjutan pada masa-masa epidemic serta di masa mendatang sesuai dengan tuntutan pembelaran era 4.0.

Adapun, kata Ahmad Farhan pada kesempatan itu materi yang disampaikan antara lain : 1) Laboratorium Virtual Simulasi PheT Untuk Meningkatkan Pemahaman Pembelajaran Fisika; 2) Teknologi Informatika Aplikasi  dalam pembelajaran Fisika Untuk Praktikum Materi Gelombang; 3) Optimalisasi dan Penggunaan HP Andronoid Untuk Mendukung pembelajaran Fisika Bagi Guru SMA Aceh Tamiang; 4) Membuat Instrumen Penilaian Proses Belajar Mengajar Fisika Secara Online; 5) Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Guru Aceh Tamiang; 6) Penggunaan Sofware Microsoft Power Point untuk Membuat Media Animasi Pembelajaran Fisika.

Kata Ahmad Farhan, pada kesempatan itu, Dosen FKIP USK beserta guru Fisika di Aceh Tamiang juga mengunjugi ke salahsatu rumah guru Fisika di wilayah itu  yang mengalami musibah kebakaran serta menyerahkan bantuan yang bersumber dari para Dosen Prodi Fisika FKIP USK.

Sementara itu, dalam silaturrahmi di rumah Ketua MGMP Fisika Kabupaten Aceh Tamiang, Ayu Andriani, S.Pd.,M.Si mengungkapkan, kegiatan KPM Program Mandiri ini terlaksana atas kerja sama dengan forum MGMP Kabupaten Aceh Tamiang.

“Kami merasa sangat senang dengan terlaksananya kegiatan ini dengan baik. Oleh karena itu, semoga kegiatan serupa juga dapat berlanjut di masa mendatang di Kabupaten Aceh Tamiang,” ungkap Ayu Andriani.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Aceh tamiang, Bahtiar, S.Pd, M.Pd yang merupakan alumni Prodi  Pendidikan Fisika FKIP USK dalam  sambutannya mengungkapkan, bahwa kegiatan ini memberikan manfaat untuk meningkatkan SDM guru-guru Fisika, khususnya dalam pembejaran Daring.

Ia mengharapkan, kegiatan ini dapat membantu kesulitan dalam proses pembelajaran Fisika di masa pandemi Covid-19 dan mengatasi kekurangan peralatan praktikum laboratorium ril pada masa yang akan datang.

“Semoga mutu pendidikan khususnya mata pelajaran Fisika di kabupaten Aceh Tamiang akan meningkat pada masa-masa yang akang datang,” harap Bahtiar.

Adapun para Dosen yang mengikuti kegiatan ini antara lain : Prof. Dr. Yusrizal, M.Pd; Prof. A. Halim, M.Si; Dr. Saminan, M.pd; Dr. Muhammad Syukri, M.Pd; Dr. Evendi, M.Pd; Dr. Zainuddin, M.Pd; Dr. Soni Prayogi, M. Si; Dra. Elisa, M.Si; Drs, Agus wahyuni, M.Pd; Drs.Ngadimin, M.Si; Dra. Susanna, M.Pd; Drs. Ahmad Farhan, M.Si; Drs. Abdul hamid, M.Si; Dra. Nurul Wati, M. Pd; Drs, Elmi Mahzum, MIT; Fitria Herliana, S.Pd, M.Pd; Dra. Mawarni Saputri, M. Pd;  Musdar, S. Pd, M,Pd; dan Syamsul Rizal, S. Pd, M.Pd. (*)

Editor : Zulfikar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.