Dosen UIN Ar-Raniry Sosialisasikan Sekolah Tanggap Bencana di Aceh Besar

Dosen UIN Ar-Raniry Sosialisasikan Sekolah Tanggap Bencana di Aceh Besar

KOLOMACEH.COM, BANDA ACEH – Dosen Fakultas Sains dan Teknologi UIN Ar-Raniry Banda Aceh mensosialisasikan Sekolah Tanggap Bencana kepada siswa-siswi di SMK Negeri 1 Mesjid Raya dan SMP Negeri 2 Unggul Mesjid Raya, Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar, Senin (27/1/2020).

Kegiatan tersebut diharapkan, agar siswa-siswi di dua sekolah itu memiliki pengetahuan tentang cara antispasi dini terhadap dampak bencana. Selain sosialisasi, kepada sekolah juga diberikan buku panduan Sekolah Tanggap Bencana agar menjadi bahan bacaan para siswa di perpustakaan sekolah.

Ketua Panitia Kegiatan Pengabdian Masyarakat, Khairan AR, M.Kom mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan informasi dan pengetahuan kepada pelajar tentang pentingnya antisipasi dini terhadap bencana.

“Pentingnya pengetahuan tentang tanggap bencana akan mengurangi risiko, lebih terampil, cekatan dan terlatih dalam menolong dirinya saat terjadi bencana,” jelasnya.

Kata Khairan, pada kesempatan itu, Hadi Kurniawan, M.Si memberikan penyuluhan di SMKN 1 dan Mulyadi Abdul Wahid, M.Sc tampil di SMPN Unggul 2.

Kepala Sekolah SMPN 2 Unggul Mesjid Raya, Affilinda, S.Pd, M.Pd mengatakan, kegiatan seperti ini adalah ilmu yang sangat berharga terhadap anak didiknya.

Kata Affilinda, ilmu itu berkah dari Allah SWT, sehingga apa disampaikan oleh dosen dalam sosialisasi ini tidak akan didapatkan di bangku sekolah. Oleh karena ituu, Ia berharap kepada siswa-siswinya untuk mengikuti acara tersebut secara seksama dan mencermati bagaimana Kita harus tanggap bila bencana terjadi.

“Mengingat, lokasi sekolah kita berada di wilayah rawan bencana baik gempa maupun tsunami,” jelasnya. (ril/*)

Editor : Zulfikar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *