Pemuda di Nagan Raya ‘Peusijuk’ Para Penghafal Alquan

KOLOMACEH.COM, SUKA MAKMUE – Pemuda Alue Ie Mameh, Kecamatan Kuala, Kabupaten Nagan Raya melakukan peusijuk (Tepung tawar-red) terhadap para penghafal Al-quran yang berasal dari gampong (Desa) setempat, baik yang telah berkiprah di tingat gampong, kecamatan maupun tingkat provinsi, Senin malam (1/7/2019).

Acara tersebut dilakukan atas inisitif para pemuda, masyarakat dan aparatur Gampong Alue Ie Mameh, guna untuk memotivasikan para hafiz dan hafizah giat menghafal qur’an.

Sekdes Alue Ie Mameh, Drs Ansari Albas mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan sebagai bentuk rasa syukur sekaligus penghargaan kepada putra-putri di gampongnya sebagai hafidzul Quran.

“Mereka yang dipeusijuk malam ini merupakan wisudawan Pesantren Insan Qur’an (IQ) yang terletak di Gampong Aneuk Batee, Kecamatan Suka Makmur, Kabupaten Aceh Besar pada 24 Juni 2019, lalu,” ujar Ansari.

Kata Ansari, dari 22 siswa/I penghafal Alquan 30 Juz yang  wisudawan Pesantren IQ, dua diantaranya putri Gampong Alue Ie Mameh, Kecamatan Kuala, Kabupaten Nagan Raya.

“Kami juga mengharapkan, kegiatan ini dapat termotivasi putra/I lainya untuk menghafal AlQur’an  dan menjadi hafidz dan hafidzah masa depan,” harapnya.

Tak hanya itu, para hafidz dan hafizah lainya juga berasal dari berbagai kalangan,baik yang masih berpendidikan tingkat Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, bahkan Sekolah Menengah Atas.

“Kami (Masyarakat) sangat bangga kepada Mereka yang telah mengharumkan nama baik keluarga, masyarakat dan daerah. Acara ini kami akan tingkatkan pada tahun mendatang dan akan agendakan tiap tahun dan akan dianggarkan dengan dana desa,”tutupnya.

Selain itu, sebanyak Rp 10 juta diserahkan sebagai bonus kepada hafidz dan hafidzah yang diberikan secara bervariasi, diantaranya : Ahmad Faizan Azima dan  Ade Nur Syamsi, masing-masing hafal 30 Juz; Rahmat Qadri Juhel dan Fatimah, masing-masing hafal 20 juz;  Siti Hajar 10 juz;  Jillya Nisa Kharisma 7 Juz; Marwah 6 Juz; Siti Maria 5 Juz; Nana  5 Juz; Nuzul 4 Juz, Arrya Mahmuddin 3 Juz;  M. Faizin Al Khalidi 3 Juz;  M. Qais Furqan 1 Juz;  Nazirah 1 Juz; Arif Marham 1 Juz;  M, Nazir 1 Juz.

Penulis : Zulfikar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.